5 Jenis Label Kadaluarsa Makanan yang Sering di Temui


masa berlaku produk


Hi, Selamat datang di Timpa by Citra


Hari-hari tak terlepas dari membeli makanan atau minuman kemasan. Sering diingatkan “apakah sudah cek tanggal kadaluarsanya?”. Atau pernahkah Anda tidak sengaja mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah lewat kadaluarsanya dan Anda merasa tidak terjadi apa-apa?


Perlu tindakan bijak saat memilih makanan atau bahan makanan yang akan dibeli, pertimbangkan apakah langsung dikonsumsi atau akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda membeli bahan yang sangat jarang dipakai sebaiknya Anda memilih untuk membeli produk dengan jangka kadaluarsa lebih lama. Sebaliknya jika membeli makanan seperti roti akan semakin cepat kadaluarsanya.


Apakah benar makanan yang sudah kadaluarsa masih bisa dikonsumsi sampai 3 hari berikutnya karena produsen tidak mungkin membuat tanggal kadaluarsa yang tepat dengan habis masa berlaku? Tidak ada yang dapat memastikan, sebagian produsen mungkin menerapkan hal berikut tetapi sebagian lagi tidak bisa dipastikan. Jadi lebih baik mengikuti tanggal.


Eits...tetapi tergantung istilah yang Anda baca juga. Karena istilah masa berlaku tidak hanya ada satu istilah tetapi ada beberapa seperti “Best Before”, Expired Date”, “Use by”, “Sell By”, “Packed On”.



Berikut adalah istilah-istilah dalam menyatakan masa berlaku produk:


1. Expired Date (Tanggal Kadaluarsa)


Istilah ini paling umum di masyarakat. Bahkan istilah lain sering disamakan dengan istilah Expired Date. Expired date adalah tanggal yang aman untuk produk dikonsumsi. Jika sudah lewat dari tanggal jangan gunakan produk karena sudah tidak aman untuk kesehatan.


Expired date biasa tertera pada makanan olahan dan juga makanan yang umur simpan nya pendek. Jika sudah melewati expired date produk biasanya mengalami perubahan rasa, warna atau tekstur.


2. Best Before (Baik diGunakan Sebelum)


Istilah masa berlaku yang paling sering dilihat kedua adalah “Best Before”, istilah ini sering terdapat di cemilan atau lainnya. Tanggal yang terdapat di Best Before menunjukkan jaminan produsen atas warna, rasa dan kandungan nutrisi yang terbaik dari produk. Jadi bukan tanggal aman dikonsumsi.


Amankah mengkonsumsi produk jika tanggal “Best Before” sudah lewat? Jawabannya adalah Aman jika tidak ada perubahan rasa dan warna dari produk tersebut. Tanggal juga tidak berlaku jika Anda sudah membuka kemasan.


Karena produk bisa saja rusak sebelum tanggal jika sudah terbuka beberapa lama karena produk sudah terkontaminasi bakteri. Untuk mengatasi hal ini ketika sudah membuka langsung masukkan kedalam wadah kedap udara agar bakteri tidak masuk.


Baca Juga:

3. Sell By (Dijual Pada)


Label ini tertera biasanya untuk toko yang menjual produk tersebut. Jika sudah lewat dari tanggal, toko tidak boleh memajang lagi produk tersebut. Tetapi masih banyak toko yang mengabaikan hal tersebut. Jadi saat Anda membeli pastikan memeriksa tanggalnya. Produk setelah tanggal masih bisa dikonsumsi tetapi kualitasnya sudah menurun.



4. Use by (Gunakan Pada)


Label Use by biasanya tertera pada telur, daging, dan ayam potong kemasan. Tanggal pada label ini menunjukkan bahwa kualitas tertinggi produk ini akan lewat setelah tanggal.

Jika sudah melewati tanggal maka kualitas produk akan turun.


Tetapi jika Anda menyimpan dengan cara yang benar maka produk ini bisa saja masih baik dikonsumsi walaupun sudah melewati tanggal. Tetapi jika sudah memiliki bau dan rasa yang berbeda sebaiknya jangan dikonsumsi lagi.



Itulah beberapa istilah pada label, jadi jangan terburu-buru membuang makanan yang sudah lewat tanggal jika sudah tahu arti dari label-label tersebut.


Bijaklah dalam membeli produk, selalu cek masa berlaku produk meskipun Anda membelinya di supermarket yang pengawasan ketat. Karena bisa saja Anda tidak menggunakan produk tersebut dalam waktu dekat.


#kadaluarsa #labelmasaberlaku #artilabelmasaberlaku

2 views0 comments