Aneka Krim Dalam Pembuatan Kue

Updated: Jan 4, 2021




Krim dibedakan berdasarkan kandungan lemaknya. Semakin tinggi kandungan lemak krim, maka semakin gurih rasanya. Setiap negara biasanya memiliki istilah sendiri untuk membedakan krim encer dan krim kental. Orang Inggris menyebut krim encer sebagai single cream dan krim kental disebut dengan double cream. Di Amerika mereka menyebut krim encer Light Cream dan krim kental disebut Thick Cream. Untuk bisa memastikannya Anda dapat melihat kandungan lemak yang tercantum pada kemasannya.





Jenis-Jenis Krim


• Krem Encer (cream)

Biasa disebut krim segar. Krim tidak bisa dikocok hingga kental, lebih cocok untuk campuran kopi, puding, sup. Kandungan lemaknya 18-25%.


• Krim kental (thick cream)

. Krim ini paling bagus, karena cepat kental jika dikocok. Krim berbentuk cair bagus untuk menghias kue, campuran masakan atau hidangan penutup atau dessert. Kandungan lemak krim ini 36-48%


• Krim Asam (sour cream)

Krim ini adalah krim encer yang difermentasikan. Rasanya asam gurih biasa dicampur ke dalam sup atau saus. Anda bisa membuat sour cream sendiri dengan cara kocok 250 ml krim encer dengan 1 sdt air jeruk nipis atau cuka. Campurkan 250 ml krim encer lagi. Diamkan 24 jam di

tempat sejuk, lalu simpan 24 jam dalam lemari es.


• Krim kocok siap pakai

Krim ini sudah dalam bentuk terkocok. Rasanya agak manis, biasanya dijual dalam kemasan tabung. Banyak dipakai untuk menghias es krim, kopi dan minuman milk shake.


• Krim keju. Krim jenis ini biasanya disimpan dalam botol, baik bila dipergunakan sebagai dessert, karena lembek.


• Krim bubuk

Krim ini berbentuk seperti susu bubuk. Untuk menggunakan, tambahkan susu dingin atau air es, lalu kocok dengan mixer hingga berbentuk krim yang kental. Cara penyimpanannya selama masih berbentuk bubuk, krim ini tidak perlu disimpan dalam lemari es.


• Coconut Milk Powder.

Jenis ini dibuat dari daging kelapa yang telah dikeringkan. Ada yang berbentuk susu kelapa yang dikemas dalam kaleng dan ada yang berbentuk powder. Rasanya lebih enak jika berbentuk powder atau bubuk.


| Baca Juga: Hasil-Hasil Olahan Susu Untuk Pembuatan Kue/Roti/Dessert




0 views0 comments