Apa itu Tepung Tapioka?

Updated: Jan 4, 2021


Tepung Tapioka
Tepung Tapioka



Tepung tapioka merupakan tepung yang terbuat dari ubu kayuatau singkong. Cara membuatnya dengan cara diparut, lalu diperas, dicuci, diendapkan,kemudian diambil sari patinya, dan dijemur hingga kering.


Tepung Tapioka disebut juga tepung kanji atau tepung sagu, memiliki sifat liat seperti lem jika dicampurdengan air panas. Dalam pembuatan kue yang berbahan dasar tepung ini akan mendapat perlakuan yang berbeda dalam setiap pembuatan kue karena sifat tepung ini. Contoh olahan tepung tapioka adalah cilok, cireng, siomay, pempek dan lainnya.


Baca Juga: Cara Menyimpan Tepung Terigu

Ciri tepung tapioka yang belum diolah adalah tepung ini sulit digenggam karena bertekstur halus dan kesat. Tepungnya juga menimbulkan bunyi saat diremas. Tepung ini tak larut dalam air bersuhu normal. Periksa juga warna tepung dan pastikan masih putih bersih dan tak berubah warna. Sebelum pemakaian pastikan tepung ini tidak berbau agar makanan atau kue yang dihasilkan enak.


Tepung ini dapat dengan mudah ditemukan diswalayan atau dipasar. Saya biasanya memakai tepung tapioka merek rosebrand.



#penggantitepungtapioka #tepungtapiokaterbuatdari #belitepungtapioka #tepungtapiokabisadigantidengantepungapa #tepungtapiokasamadengansagu #olahantepungtapioka #kuedaritepungtapioka

6 views0 comments

Recent Posts

See All