Apakah Telur Harus Di Simpan di dalam Kulkas?





Telur adalah bahan pokok yang menjadi wajib untuk di stok dirumah. Biasanya yang sering di stok dirumah adalah telur ayam. Bukan hanya karena untuk makanan sehari-hari tapi juga untuk melengkapi gizi karena kandungan protein telur yang bagus.



Telur memiliki 3 susunan yaitu kulit luar telur, bagian putih telur dan bagian kuning telur.

Jika dipecahkan, bagian kulitnya 10 % dari berat telur, kuning 58 % dan putih 32 % dari berat telur tersebut. Satu butir telur beratnya berkisar 50-60 gr, jadi jika Anda membeli 1 kg telur biasanya berjumlah kurang lebih 16 butir telur tergantung ukuran telur.


Setelah pembelian telur, disarankan untuk menyimpan telur di suhu yang konsisten atau stabil, idealnya 4 C. Masukkan kedalam kulkas, jika bagian atas tempat telur di bagian pintu terlalu dingin Anda bisa tempatkan telur di bagian tengah agar telur tidak membeku.



Jika saat membeli telur ada yang retak atau bagian terbuka, masukkan telur tersebut kedalam wadah tertutup untuk mencegah telur kering. Telur ini bisa bertahan sekitar 2-3 hari. Pada saat menaruh telur taruh pada posisi lancip atau bagian ujung yang lebih runcing dibagian bawah. Hal ini karena bagian bulatan besar adalah bagian berudara telur jadi ketika dibalik bagian udara ini akan melindungi telur.


Jika Anda sering membuat kue, sisakan beberapa telur simpan diluar kulkas karena banyak resep pembuatan kue menyarankan menggunakan telur suhu ruangan. Jika tetap menyimpan didalam kulkas, sebelum pembuatan kue Anda dapat mengeluarkan telur dan menyimpan disuhu ruangan 1-2 jam hingga suhu ruang.


Baca Juga:


15 views0 comments

Recent Posts

See All