Cara Menyimpan Bahan Makanan




bahan makanan


Berbelanja bahan makanan adalah kegiatan rutin bagi Anda yang suka memasak makanan. Banyak yang membeli bahan makanan tetapi tidak mengerti cara penyimpanan bahan makanan, akhirnya asal menumpuk saja. Sebenarnya sangat sederhana jika mengetahui pengetahuan dasarnya. Berikut adalah cara menyimpan bahan kering, cara menyimpan bahan basah dan cara menyusun bahan makan dikulkas:


1. Bahan Makanan Kering


storage

Bahan makanan kering contohnya adalah bahan berupa Bubuk, tepung, pasta, atau rempah2 lainnya.

  • Sebaiknya disimpan diruang terbuka atau di rak penyimpanan agar tidak lembab.

  • Pastikan container yang Anda pakai cukup untuk dirak.

  • Posisi rak min. 15 cm dari lantai

  • Simpanlah bahan di container kedap udara agar tidak terjangkau dengan serangga atau debu

  • Untuk pasta bisa disimpan di container kedap udara atau pindahkan ke plastik ziplock

  • Pilihlah ukuran yang sesuai dengan bahan, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil

  • Tempatkan ukuran yang paling kecil sejauh yang bisa dijangkau dengan mata dan mudah untuk diraih

  • Susunan rak adalah semakin kebawah container semakin besar







2. Protein Basah


plastic wrap daging

Tips bagaimana cara menyimpan protein seperti daging, ikan dan ayam di dalam lemari es / kulkas. Contoh untuk potongan ikan yang tidak terlalu besar, masukkan kedalam plastik ziplock. Lakukan dengan bersih agar tidak mengenai perekat plastik yang bisa menyebabkan sulit untuk ditutup. Keluarkan udara dengan cara menekan bagian yang kosong kemudian rekatkan ziplock.


Ikan / protein yang yang lebih besar dapat menggunakan piring. Pertama-tama taruh tissue /paper towel diatas piring. Jika ikan masih ada kulit, bagian atas daging yang menghadap ke atas. Mengapa menggunakan tissue? Karena lemari es bisa menimbulkan lembab, kandungan air bisa merusak kualitas protein karena timbulnya butiran air karena dingin. Jadi tissue / paper towel akan menyerap air tersebut. Jika disimpan lebih dari 2 hari ganti tisu setiap hari.



Kemudian tarik plastik wrap 2 kali ukuran piring, tempatkan piring diatas plastic wrap kemudian fold atau lipat piring dengan plastic wrap hingga seluruhnya tertutup.


Kesalahan yang sering terjadi, plastic wrap hanya ditutup dari atas tidak sampai bagian bawah piring. Ini akan membuat terdapat celah dan ketika digeser juga bisa terbuka yang menyebabkan ikan akan menjadi kering. Cara ini juga dilakukan untuk protein lainnya seperti daging dan seafood.


Baca Juga:

3. Menyusun bahan Makanan dalam Kulkas (bukan freezer)


simpan daging

Berdasarkan dengan banyaknya bakteri dalam protein seafood, daging dan ayam, maka ayam adalah protein yang paling banyak terdapat bakteri. Maka jika memasak ayam dibutuhkan suhu tinggi minimal 74 C. Seafood 63 C dan daging di antara ayam dan seafood.



Posisikan ayam selalu paling bawah dalam menyimpan makanan tetapi bukan di dasar kulkas. Hal ini agar ketika ayam diambil, jika terdapat cairan tidak mengenai makanan lain karena makanan tersebut akan ikut terkontaminasi bakteri. Susunlah sayur paling atas, kemudian seafood, daging kemudian dibawahnya ayam.


Dalam mengatur susunan makanan dalam kulkas, terapkanlah prinsip first in first out atau yang masuk duluan akan keluar duluan juga. Maka ketika ada bahan baru masukkan di area paling dalam dan tempatkan bahan lama terdepan agar mudah dalam pengambilan.


#tipssimpanbahanmakanan #carameyusunbahanmakanan


14 views0 comments

Recent Posts

See All