Mengenal dan Tips Proses Baking (Memanggang)

Updated: Jan 4, 2021


baking
baking


Proses baking atau memanggang adalah cara memasak bahan makanan dengan oven tanpa menggunakan minyak atau air. Dengan proses ini permukaan menjadi crispy dan warna lebih terkendali. Teknik ini biasanya digunakan untuk produk pastry, cookies, cake dan roti selain itu juga digunakan untuk memasak daging, ikan dll.


Pertama-tama oven dalam keadaan kering, setelah dimasukkan bahan makanan, air yang terdapat dalam bahan akan menguap yang membuat suhu dalam oven akan menjadi lembab. Kelembaban ini dibutuhkan untuk membuat bagian luar makanan tidak cepat gosong atau hangus sebelum bagian dalam matang. Dan terkadang membutuhkan kelembaban ekstra dengan cara memasukkan air hangat dalam wadah dan diletakkan di dasar oven.


Tips memanggang/baking dengan oven. Walaupun suhu dan waktu telah ditentukan, tingkat kematangan harus tetap diperhatikan. Untuk makanan berbahan dasar tepung harus lebih dikontrol, jika suhu terlalu panas permukaan akan berwarna gelap sebelum dalamnya matang. Dan jika suhu terlalu rendah maka makanan tidak akan naik atau penuh. Untuk roti dibutuhkan suhu yang tinggi untuk menaikkan volume dan untuk mematikan ragi.


Oven harus dipanaskan terlebih dahulu sesuai temperatur yang dibutuhkan sebelum makanan dimasukkan. Waktu yang akurat sangat penting dalam memanggang dengan oven.

Baca Juga: Kesalahan dalam Pembuatan Roti

Beberapa metode baking (memanggang):


  1. Memanggang kering

  2. Memanggang dengan menambahkan air pada dasar wadah panggang, untuk menambah kandungan air dalam bahan makanan dan menambah kualitas makanan

  3. Memanggang dengan 2 wadah, satu wadah makanan dan satu lagi berisi air. Agar panas yang sampai kemakanan lebih lambat sehingga tidak menimbulkan panas yang berlebihan dan makanan tidak terlalu matang




#macammacamteknikmemanggang #memanggangdenganoven #kuetidaknaikataupenuh #susuoven #suhuovenmembuatroti #tipsmemanggang

12 views0 comments

Recent Posts

See All