Mengenal MOUSSE, Dessert Super Lembut LUMER di Mulut

Updated: Jan 6, 2021


mousse


Mousse dalam bahasa Perancis artinya adalah busa, jadi mousse ini adalah makanan yang mempunyai gelembung udara untuk membuat tekstur berlubang. Mousse ada banyak macamnya, dari yang cerah menggumpal hingga kental dan TEBAL tergantung teknik yang digunakan.


Rasa mousse cenderung manis. Dessert ini adalah salah satu dessert terkenal di Prancis, salah satunya karena kelembutan teksturnya yang lembut bahkan lebih lembut dari puding sehingga tidak perlu bersusah payah untuk mengunyahnya. Ketika masuk ke mulut akan lumer.





Mousse yang paling terkenal adalah chocolate mousse. Hidangan ini makin populer pada tahun 1900 karena dipopulerkan oleh pelukis Perancis yang hobi memasak, Henri de Toulouse-Lautrec. Ia meracik hidangan yang diberi nama chocolate mayonnaise yang resepnya sama dengan mousse. Biasanya mousse ini juga dipadukan dengan berbagai macam buah.


Empat komponen yang umumnya digunakan dalam pembuatan mousse adalah base, aerator, sweetener dan gelling agent. Base contohnya coklat leleh, aerator adalah pengembang yang membuat tekstur menjadi ringan dengan memadukan putih telur dan krim kocok. Sweetener atau pemanis biasanya menggunakan gula didalam meringue. Gelling agent adalah gelatin untuk mempertahankan bentuk mousse tetapi banyak resep tidak menggunakan gelling agent khususnya mousse yang disajikan di gelas.





#mousse #artimousse #dessertmousse #dessertmouse #dessert #macammacamdessert #dessertcream #dessertfoam #dessertlembut #creamlembut #krimlebut #mous #mouse #moussesepertiapa #mouseterbuatdariapa #chocolatemousse #membuatchocolatemousse

11 views0 comments

Recent Posts

See All