Mengenal Tepung Ketan

Updated: Jan 4, 2021



Tepung Ketan
Tepung Ketan


Tepung ketan adalah tepung yang banyak digunakan untuk kue-kue Indonesia, sama halnya dengan tepung beras.


Tepung Ketan tergolong mudah didapatkan, Anda bisa membelinya dipasar dalam bentuk halus dan kering. Tepung ketan memiliki unsur senyawa penyusun pati yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya.


Senyawa inilah yang membuat tepung ketan yang terbuat dari beras ketan, lebih pulen dibandingkan tepung lainnya.



Hal-hal yang Anda perlu diperhatikan dalam penggunaan tepung ketan atau sifat tepung ketan adalah:


a. Pilihlah tepung ketan yang murni yang tidak berasal dari beras ketan yang sudah bercampur dengan beras, pilih yang teksturnya halus dan sebaiknya baru ditumbuk. Tepung ketan yang tidak murni akan membuat kue Anda menjadi keras atau kaku dan kurang mengembang ketika digoreng.


b. Pembuatan adonan berbahan tepung ketan sebaiknya gunakan air yang suam-suam kuku agar adonan dapat dengan mudah dibentuk tetapi tidak lengket pada jari-jari, contohnya pada waktu membentuk kue kelepon.


c. Kue dari tepung ini jangan dimasak terlalu lama agar kue jangan sampai pecah dan bentuknya tidak berubah kerena sifat ketan adalah cepat masak.


|Baca Juga: Cara Menyimpan Tepung Terigu



#tepungketanbisadigantiapa #tepungketanresep #tepungketanhitam #penggantiketan #penggantitepungketan #reseptepungketan #tepungketanuntukapa #teksturtepungketan

4 views0 comments

Recent Posts

See All