Menyalakan Arang dengan Cara Cepat Ga sampai 5 Menit, Ga Perlu Pake Minyak

Updated: Jan 4, 2021



meyalakan arang


Pernah ngerasain stres nyalain arang sampai berjam-jam ga bisa menyala? Atau sudah menyala terus mati lagi berulang-ulang begitu terus? Apa lagi kalau arangnya untuk masak untuk acara besar atau acara keluarga yang sudah ada jadwalnya. Tenang...berikut saya kasi tips untuk Sobat MPC caranya menyalakan arang dengan cepat ga sampai 5 menit. Ini dijamin berhasil dengan CATATAN arang tidak basah. Kalau arang basah Sobat MPC harus keringin dulu. Arang kayu adalah jenis arang yang paling gampang dibakar (tidak basah).


Satu kali saya pergi ke restoran korea yang menggunakan arang untuk memanggang dagingnya, kemudian saya tanya ke pegawainya “ini tungku arang kok bisa nyala sampai berjam-jam tanpa diapa-apain?” Dan saya mendengar ada bunyi seperti blower atau kipas angin atau hair dryer semacam itu. Pegawainya menjawab “mungkin blower, saya kurang paham”.


Sampainya dirumah saya benar-benar penasaran. Kalau arang pakai kipas angin apa ga mati arangnya di anginin begitu. Saya teringatlah dengan “hair dryer” , kipas angin yang menghasilkan udara panas. Saya langsung mencobanya.


  1. masukkan semua arang ke satu wadah atau tungku.

  2. Ambil satu buah arang saja, hanya satu buah. Ambil api atau dari pemantik atau korek, arahkan ke satu buah arang dan bakar.

  3. siapkan hairdryer. Begitu satu arang tadi memiliki titik bara, tidak perlu bara yang besar, kecil saja, masukkan ke tungku dimana sejumlah arang berkumpul. Arahkan hair dyer ke satu titik tadi. Bara akan semakin banyak, menempel ke arang yang lain dan akhirnya menjadi banyak bara. Teruskan hingga seluruh arang menjadi bara. Nah..Sobat MPC siap memanggang makanan deh…


arang

Hair dryer ini juga bisa Sobat MPC gunakan untuk mengeringkan arang yang basah.




Pertanyaannya bagaimana caranya menyalakan briket arang?

Briket arang adalah bubuk arang yang dipress menjadi padat dan ketahanan baranya bisa hingga 3-5 jam. Briket ini lebih sulit dinyalakan. Normalnya butuh waktu hingga 10 menit menyalakannya dengan api yang besar dan konsisten seperti kompor.

Baca juga: Mengenal Teknik Roasting

Kalau saya menyalakan briket ini dengan cara pakai torch atau flame gun yang disambungkan dengan gas kecil. Menyalakan briket dengan flame gun hanya butuh 5 menit. Dan yang pasti tidak berpengaruh kepada rasa masakan, bukan seperti menggunakan minyak tanah yang terkadang masakan ikut jadi bau minyak tanah. Jadi pemakaian ini aman.

Bentuk flame gun nya seperti ini. Falme gun ini juga sering dipakai untuk melelehkan keju mozarela.


flame gun


Selamat Mencoba :)


#menyalakanarang #membakararang #arang

37 views0 comments

Recent Posts

See All