Resep dan Tips Custard Caramel Puding (1 telur) | Timpa by Citra

Updated: Jan 6, 2021



Custard Caramel puding


Puding ini rasanya silky, enak dan rasa karamelnya khas yang buat puding ini jadi pas banget rasanya. Bagi yang sudah pernah buat dan selalu bertanya mengapa bentuknya seperti telur kocok direbus, rahasianya satu low heat. Low heat atau panas yang benar-benar rendah disini harus benar-benar panas yang rendah/low heat. Karena terlalu panas sebentar saja akan merebus telurnya.


Kukusan saya sulit sekali panas yang rendah jadi harus setiap 5 menit harus dibuka, sepertinya pengaruh bahan kukusannya jadi saya sebenarnya lebih memilih metode panggang. Tetapi di resep ini saya membuat metode kukus dan memberitahu juga cara yang panggang.


Resep untuk 2 ramekin diameter 8 cm tinggi 4 cm


Bahan:


Karamel :

  • 2 sdm gula pasir

  • 4 sdm air


Lapisan custard:

  • 1 butir telur

  • 100 ml susu cair

  • 1 sdm gula pasir

  • 1/4 sdt vanilla

  • Sejumput garam



Cara Membuat:

  1. Susu 100 ml masukkan ke panci, Panaskan susu dengan api kecil sambil terus diaduk. Ketika sudah panas sekitar pinggir susu muncul buih matikan api dan diamkan sampai suhu ruang

  2. Membuat karamel: Nyalakan Panci api sedang. Masukkan gula ke panci 2 sdm dan 4 sdm air. Rebus hingga air berkurang dan warna coklat gelap. Masukkan kedalam wadah puding dengan segera tetapi hati-hati karena karamel ini cepat mengering. Ratakan di dalam.

  3. Masukkan 1 butir telur kedalam wadah dan tambahkan vanilla dan sejumput garam, kocok

  4. Tuang susu yang sudah suhu ruang sedikit demi sedikit atau 3 tahap ke dalam campuran telur sambil diaduk

  5. Saring adonan

  6. Masukkan adonan puding kedalam wadah puding perlahan agar tidak banyak bubble

  7. Ada 2 metode untuk memasak yaitu kukus dan panggang

  8. Metode Kukus: Tutup wadah dengan plastik aluminium foil agar tidak masuk air

  9. Kukus 20 menit api super kecil, setiap 5 menit buka wadah untuk mengeluarkan uap panas. Setiap 5 menit cek puding apakah bagian atas sudah jiggly atau bukan air lagi. Jika sudah tidak air lagi tetapi masih lembab angkat puding.

  10. Metode Panggang: Masukkan wadah puding ke loyang yang lebih tinggi. Masukkan air panas di luar wadah puding tingginya setengah dari wadah puding. Panggang 150 C selama 50 menit. Cek setelah 50 menit Jika sudah tidak air lagi tetapi masih lembab angkat puding.

  11. Biarkan disuhu ruang kemudian masukkan kulkas 3-5 jam

  12. Tusuk dan geser bagian sekeliling pinggir dengan pisau kemudian tuang

  13. Siap disajikan


Tips:

  • Jangan masukkan susu yang masih panas kedalam telur karena dapat membuat telur menjadi matang

  • Karamel harus secepatnya dituang dan diratakan kedalam wadah puding sebelum mengeras

  • Metode tersulit adalah ketika memasak puding ini. Jika memakai metode kukus pastikan selalu mengecek tekstur setiap 5 menit. Jika metode panggang setelah 50 menit cek permukaan puding. Jangan sampai terlalu panas hingga merebus telur untuk dapat tekstur bagus. Kalau rasa sih tidak akan gagal, akan tetap enak.

  • Jika mengangkat ketika permukaan masih kenyal2 jangan takut tidak matang karena setelah diangkat proses pematangan karena panas masih terjadi dan ketika masuk kulkas akan mengeras atau set dengan sendirinya

  • Jika pada saat menuang terlalu lengket dan sulit keluar, rendam sebentar di air hangat kemudian tuang kembali




#tipscustardpuding #kenapacustardbolongbolong #kenapacustardgagal #custardsepertitelurrebus #membuatcustardpuding #suhumemanggangcustardpuding #durasi kukuscustardpuding #resepcustardpuding #resepcustard #custardpuding #custardpudingsilky #custardpudingantigagal

29 views0 comments