Susu Padat Baik untuk produk kue

Updated: Jan 4, 2021


Susu
Susu

Susu sering digunakan untuk membuat cake atau cookies. Susu jenis apakah yang baik untuk pembuatan cake dan cookies atau dessert? Jawabannya adalah susu padat yang tinggi kandungan lemak nya seperti susu full cream dan pasteurisasi.


Dalam pembuatan patiseri, ada beberapa keuntungan yang didapat apabila menggunakan susu padat, yaitu :


1. Bertambahnya absorpsi (penyerapan) dan kuatnya adonan. Zat padat pada susu kering non-fat berfungsi sebagai bahan penyegar pada protein tepung sehingga volume roti akan bertambah, terutama apabila yang digunakan adalah tepung medium. Proses ini terjadi sewaktu pengadukan (dough making) pada tahap awal dan pada tahap akhir, yaitu setelah roti selesai dibakar, dimana protein akan menjadi keras sehingga susunan roti akan menjadi tegar dan tidak mengempis. Tepung lunak memerlukan lebih banyak susu.


2. Mixing tolerance meningkat. Adonan yang mengadung susu lebih toleran tehadap over mixing dan lebih cepat pulih kembali sebelum mencapai tahap pembentukan (moulding) atau pemasukan pada cetakan roti.



3. Fermentasi (peragian) lebih lama. Karena susu bersifat menahan kegiatan lainya maka susu kering non-fat akan menurunkan kegiatan enzim, terutama kegiatan diastatis selama waktu peragian. Toleransi terhadap peragian yang lebih lama dapat membantu pencapaian produk roti yang memuaskan.


4. Warna kerak lebih baik. Laktose, casein (zat keju), dan protein susu yang ada didalam susu kering non-fat membantu untuk menghasilkan kerak dengan warna kekuning-kuningan. Susu juga mempertinggi mutu hasil pemanggangan.


5. Butiran dan susunan lebih baik. Susunan dan butiran yang sangat halus dari sel-sel yang kecil dan rata merupakan sifat dari remah roti susu. Sifat-sifat ini dapat membuat roti lebih mudah dipotong.


6. Mempertinggi volume roti


7. Mutu simpan lebih baik. Membubuhkan susu bukan saja mempertinggi isi cairan, tetapi juga memungkinkan roti tetap empuk dalam masa yang lebih lama.


8. Nilai gizinya lebih baik. Roti susu mempunyai nilai gizi yang lebih baik sebab mengandung lebih banyak mineral, protein dan vitamin. Susu juga meningkatkan keharuman dan kelezatan dan keharuman roti.


Baca Juga: Hasil-Hasil Olahan Susu Untuk Pembuatan Kue/Roti/Dessert

#susuyangbagusuntukkue #susudalampembuatankue #bahanuntukaromaroti #kenapakuepakaisusu #memperbaikiteksturroti #bahanuntukmenambahvolumeroti

4 views0 comments