Tidak punya mixer, Apakah ada Alat Pengganti Mixer?

Updated: Jan 6, 2021



kue


Ingin membuat kue tetapi pas lihat diresep harus pakai mixer. Hmm….apakah mixer bisa diganti dengan yang lain? Sederhananya mixer berfungsi untuk mencampurkan adonan hingga bahan-bahan tercampur rata, membuat adonan mengembang dan fungsi lain dari mixer adalah untuk menguleni adonan hingga kalis. Sepanjang resep yang kamu buat hanya untuk pencampuran bahan adonan dan membuatnya mengembang, kamu bisa mengganti fungsi mixer dengan alat pencampur lainnya.

Dengan catatan bukan untuk menguleni adonan.

Alat-alatnya adalah sebagai berikut:


1. Blender


blender

Blender adalah alat elektronik yang terdiri dari wadah dan pisau putar yang digunakan untuk menggiling, mengaduk, mencampur dan melunakkan bahan makanan. Dengan fungsi ini kamu bisa mengganti mixer dengan blender untuk membuat adonan cookies, adonan whipped cream, mencampur bahan keju, bahan-bahan cream, dll. Wadahnya juga transparan jadi bisa melihat bagian dalam, bahan sudah tercampur rata atau belum. Blender juga memiliki penutup yang buat adonan kamu tidak akan tumpah. Tapi hati-hati jangan sampai over mix yah karena sebagian adonan akan rusak jika terlalu over mix karena kecepatan blender sangat cepat.




2. Whisk

whisk

Whisk adalah alat sederhana yang terbuat dari kawat yang berfungsi untuk mengocok atau mencampurkan bahan cair dan bahan padat untuk mendapatkan konsistensi tertentu. Whisk adalah alat yang paling sering digunakan untuk mengganti mixer. Selain lebih praktis tanpa listrik, whisk juga mudah dibersihkan.

Bentuk whisk bermacam-macam dan berbagai ukuran, yang paling sering digunakan adalah yang berbentuk balon. Kekurangan alat ini adalah kamu butuh tenaga ekstra untuk mengaduk, apa lagi untuk mengaduk whipped cream atau meringue yang butuh kecepatan tinggi.


BACA JUGA: Kesalahan dalam Pembuatan Roti

3. Food Processor


food processor

Food processor adalah alat yang mirip blender tetapi kecepatannya bisa lebih lambat atau cepat dapat diatur dan bisa menghasilkan hasil gilingan kasar. Sering dipakai untuk mengolah daging. Kalau sering melihat atau menonton resep-resep luar negri mereka sering sekali menggunakan food processor dalam mencampurkan bahan - bahan kue. Bahkan dalam beberapa resep mereka menggunakan food processor untuk menguleni adonan, yang mana itu tugas yang sulit yang hampir tidak bisa dilakukan alat lain kecuali stand mixer. Tapi ini tergantung dari kualitas food processor yang dimiliki, karena banyak merk food processor yang cepat panas jika bekerja terlalu keras contohnya untuk menggiling bahan padat atau keras.

Jika kamu memiliki food processor bisa dicoba untuk mencampur bahan-bahan.






#penggantimixer #alatpenggantimixer #foodprocessorpenggantimixer #blenderbisamnggantikanmixer #adonanpakaiblender #adonanpakaifoodprocessor #adonanpakaiwhisk #whiskadalah #blenderadalah #fungsiblender #fungsifoodprocessor #foodprocessoradalah #fungsiwhiskadalah #alatpenggantimixer

120 views0 comments