Tips Memilih Stand Mixer

Updated: Jan 6, 2021


mixer


Stand mixer adalah mesin pengaduk yang bisa beroperasi otomatis. Saat ini stand mixer menjadi pilihan para baker karena sangat memudahkan untuk mengaduk adonan, apalagi untuk membuat adonan menjadi kalis. Sangat hemat tenaga dan waktu tidak perlu ulen sendiri, maka stand mixer menjadi pilihan yang sangat baik untuk tujuan efisiensi. Diantara berbagai merek dan fitur stand mixer di pasaran, bagaimanakah cara memilih stand mixer? Berikut tipsnya:



1. Kapasitas


Apakah Anda mengolah makanan untuk jumlah besar atau jumlah kecil? Stand mixer yang dibeli harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika sering membuat adonan jumlah besar maka jangan membeli kapasitas kecil begitupun sebaliknya. Untuk stand mixer rumahan, kapasitas 4-5 liter sudah cukup untuk mengolah adonan jumlah besar.


2. Daya


Ketahui dulu kapasitas daya listrik dirumah Anda sebelum membeli stand mixer. Jangan sampai membeli stand mixer dengan daya tinggi yang membuat listrik rumah Anda mati ketika menggunakan stand mixer. Idealnya semakin tinggi fitur kecepatan yang diberikan maka daya semakin tinggi, tetapi dengan zaman yang sudah semakin modern barang elektronik terbaru saat ini tidak terlalu menguras daya.




3. Berat dan Ukuran


Jika akan sering dipindah sebaiknya jangan memilih stand mixer yang terlalu berat tetapi tetap harus kokoh dan tidak mudah terguncang ketika digunakan. Ukuran stand mixer juga harus disesuaikan dengan ukuran dapur Anda, jangan sampai membuat dapur Anda menjadi sempit dan tidak leluasa bergerak.



4. Suara


Jika suara mixer terlalu berisik akan sangat mengganggu. Apalagi penggunaannya tidak sebentar, maka pilihlah yang bunyinya halus.


5. Fitur dan fungsi


Semakin banyak fitur untuk memudahkan maka akan semakin bagus. Fitur yang umum biasanya timer, automatic stop, kecepatan tinggi, dll. Mixer yang mudah dilepas dan mudah dibersihkan akan sangat memudahkan. Pastikan Anda memahami cara memasang mangkuk dan setiap jenis pengaduknya agar tidak mudah rusak. Bacalah buku petunjuk.

Baca Juga: 5 Alat Pembuat Kue Wajib Untuk Pemula

6. Keamanan


Perhatikan fitur keamanan, apalagi memiliki anak kecil dirumah. Tombol on dan off jangan terlalu mudah ditekan oleh anak. Perhatikan juga apakah mesin mixer cepat panas atau tidak.


Akhir kata pilihlah stand mixer yang sesuai kebutuhan dan pastinya sesuai budget.



#memilihstandmicer #caramemilihstandmixer #carapilihmixer #caramemilihstandmixer #membelistandmixer #standmixeradah #tipsmemilihmixer





9 views0 comments